15
Sep
08

Mantan Sekda Jambi Dituntut 4 Tahun Penjara

http://www.kpk.go.id/modules/news/article.php?storyid=2911

Mantan Sekda Jambi Dituntut 4 Tahun Penjara

Mantan Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Abdul Chalik Shaleh dituntut empat tahun penjara dalam perkara dugaan korupsi pembangunan kantor penghubung pemerintahan (mes) Provinsi Jambi di Jakarta.

Selain pidana penjara, tim jaksa penuntut umum (JPU) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), juga meminta majelishakim PengadilanTindak Pidana Korupsi (Tipikor) yang diketuai Moerdiono menjatuhkan hukuman berupa denda sebesar Rp250 juta, subsider lima bulan kurungan, serta membayar uang pengganti sebesar Rp 2 miliar.

Tuntutan ini dibacakan secara bergantian oleh tim JPU yang terdiri atas Suwarji, Kadek Wiradana, Edy Hartoyo, dan Anang Sukendar Chalik.

Jaksa menuturkan, Chalik terbukti secara sah dan meyakinkan telah bersama-sama melakukan tindak pidana korupsi dengan Direktur Utama PT Cipta Pesona Usaha Sudiro Lesmono (tersangka dalam berkas terpisah) untuk membuat gambar gedung kantor penghubung pemerintahan Provinsi Jambi di Jakarta.

Chalik dinilai terbukti bersalah melaksanakan pengadaan kegiatan pembangunan kantor penghubung Pemerintah Provinsi Jambi di Jakarta pada 2004 dengan melanggar Keppres No 80/2003 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. Pembangunan mes itu menelan anggaran sebesar Rp 32,406 miliar yang diambil dari APBD Jambi Tahun 2004.

Tim jaksa dalam tuntutannya juga menyampaikan beberapa hal yang memberatkan dan meringankan terdakwa. Hal yang memberatkan Chalik, menurut jaksa, yaitu telah berbuat tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan korupsi, padahal dirinya adalah pegawai negeri sipil. Adapun hal-hal yang meringankan adalah terdakwa mengakui dan menyesali perbuatannya, sopan selama persidangan, telah mengabdi kepada negara selama 36 tahun, serta mempunyai tanggungan keluarga.

Menurut anggota tim jaksa lainnya, Edy Hartoyo, selaku pengguna anggaran daerah sekaligus pengguna barang / jasa, Chalik tidak mengangkat panitia pengadaan barang dan jasa untuk pembangunan mes milik Pemprov Jambi di Jakarta.

Selain itu, Chalik juga menentukan sendiri penyedia barang / jasa pembangunan mes dengan menggunakan metode penunjukan langsung terhadap PT Cipta Pesona Usaha tanpa melalui prakualifikasi atau pascakualifikasi.

“Sehingga bertentangan dengan Keppres RI No 80/2003,” ujar Edy. Secara keseluruhan, jaksa berpendapat Chalik telah merugikan keuangan negara, yaitu keuangan daerah Jambi sebesar Rp 7,345 miliar. Seusai mendengarkan pembacaan tuntutan. Chalik menyatakan dirinya mengerti terhadap tuntutan tersebut.Ketua Majelis Hakim Moerdiono pun menunda sidang pada Rabu (17/9).
Sumber : Seputar Indonesia, 11 September 2008


1 Response to “Mantan Sekda Jambi Dituntut 4 Tahun Penjara”


  1. September 15, 2008 pukul 7:15 am

    sebaiknya ini jad pelajaran bagi setiap pejabat publik, janga enak-enak menikmati jabatan tetapi diakhir karir justru di balik jeruji besi…kasihan keluarga.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Kalender Tulisan

September 2008
S S R K J S M
    Okt »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Administratur

Photobucket

Kontibutor :

Darwis, Aswin, Fachruddin, Fandi Photobucket darwis pos metro

Banner Anti Korupsi

Photobucket banner bahaya laten korupsi

Link Berita :

Photobucket

Komunitas Blogger Sumut

Yang Mampir:

  • 267,159 pengunjung
Locations of visitors to this page [URL=http://flagcounter.com/more/Bqu][IMG]http://flagcounter.com/count/Bqu/bg=FFFFFF/txt=000000/border=CCCCCC/columns=2/maxflags=12/viewers=0/labels=0/[/IMG][/URL]

%d blogger menyukai ini: