18
Sep
08

Pembagian Zakat Maut di Pasuruan

http://ksemar.wordpress.com/2008/09/18/pembagian-zakat-berujung-maut-di-pasuruan-tragedi-%e2%80%9cmemilukan%e2%80%9d-sekaligus-%e2%80%9cmemalukan%e2%80%9d/

Pembagian Zakat Berujung Maut di Pasuruan

TRAGEDI “MEMILUKAN” SEKALIGUS “MEMALUKAN”

Oleh : Togar Lubis

Niat baik dan Mulia yang dilakukan seorang dermawan bernama H. Syaichon di Jl Dr Wahidin Kota Pasuruan, Jawa Timur, Senin (15/8), berubah menjadi bencana, sedikitnya 21 orang tewas dan puluhan orang pingsan akibat terinjak-injak. Tragedi ini benar-benar Memilukan sekaligus Memalukan.

Korban tewas pada awalnya hanya dua orang, namun ternyata terus bertambah, hingga mencapai 21 orang. Hingga pukul 12.00 WIB hari itu, sudah ada 21 mayat yang dikirim ke kamar Jenazah RSUD Dr. Sudarsono Pasuruan, sementara puluhan korban pingsan masih menjalani perawatan di ruang UGD RSUD Dr. Sudarsono.

Para korban tersebut keseluruhannya adalah perempuan dan merupakan warga pedesaan yang berharap dapat pembagian zakat Rp30 ribu per orang. Ribuan warga yang antre di gang rumah dermawan itu harus berdesakan.

Keributan pembagian zakat keluarga H. Syaichon ini sebenarnya bukan pertama kali, Bahkan pembagian zakat pada setiap 15 Ramadhan itu selalu menimbulkan masalah. Puluhan orang pingsan, tetapi baru kali ini yang menelan korban jiwa.

Tragedi ini juga mendatangkan sejumlah komentar khususnya dari kalangan Pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Timur (Jatim). Bahkan MUI propinsi ini juga mengeluarkan fatwa yang intinya menyatakan bahwa Pembagian zakat seperti yang terjadi di Pasuruan merupakan perbuatan haram, sebab menimbulkan korban jiwa, kata Ketua Bidang Fatwa MUI Jatim Abdurahamn Hafiz kepada wartawan di Surabaya.

Menurut Hafiz, dalam Islam tidak ada larangan orang membagikan zakat secara pribadi. Tetapi harus mempertimbangkan faktor keamanan dan perangkat yang membantu pembagian. Tampaknya, ujar Hafiz, yang terjadi di Pasuruan tidak mengindahkan perangkat yang dibutuhkan, sehingga menimbulkan korban jiwa. “Kalau sudah seperti ini, maka merupakan perbuatan dosa dan hukumnya secara fiqih sudah masuk kategori haram.”

Dibalik pendapat yang pro kontra dan fatwa MUI tersebut ada yang harus kita catat, yaitu sebuah bukti nyata bahwa tingginya tingkat ketidak percayaan masyarakat terhadap sejumlah lembaga yang didirikan untuk mengurus zakat. Para pengusaha atau dermawan mungkin sama sekali sudah tidak percaya pada lembaga tersebut. Ketidakpercayaan mereka bukan tanpa alasan, sebab berdasarkan penelitian sejumlah lembaga independent, Departemen Agama dan Departemen Sosial saja termasuk departemen terkorup di Indonesia .

Hal lain yang harus kita catat dari tragedi ini adalah masih tingginya angka kemiskinan di negeri yang katanta kaya ini. Tidak dapat kita pungkiri, hampir di seluruh daerah di Indonesia hal seperti ini sering terjadi walau mungkin tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Hanya untuk mendapatkan uang puluhan ribu rupiah masyarakat kita rela berdesak-desakan di tengah lapangan pada kondisi cuaca yang panas terik. Salahkah mereka…? Tidak, mereka melakukannya lebih dikarenakan terpaksa akibat kemiskinan. Salahkah pemerintah …? Entahlah. Tapi yang pasti “Tragedi Zakat Maut” ini merupakan sebuah tragedi yang Memilukan sekaligus Memalukan.


1 Response to “Pembagian Zakat Maut di Pasuruan”


  1. September 24, 2008 pukul 3:39 am

    memalukan
    memalukan
    indon miskin


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Kalender Tulisan

September 2008
S S R K J S M
    Okt »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Administratur

Photobucket

Kontibutor :

Darwis, Aswin, Fachruddin, Fandi Photobucket darwis pos metro

Banner Anti Korupsi

Photobucket banner bahaya laten korupsi

Link Berita :

Photobucket

Komunitas Blogger Sumut

Yang Mampir:

  • 267,159 pengunjung
Locations of visitors to this page [URL=http://flagcounter.com/more/Bqu][IMG]http://flagcounter.com/count/Bqu/bg=FFFFFF/txt=000000/border=CCCCCC/columns=2/maxflags=12/viewers=0/labels=0/[/IMG][/URL]

%d blogger menyukai ini: