24
Sep
08

Wkl. Ketua KPK : “Masyarakat Harus Berani Melawan Korupsi”

http://www.kpk.go.id/modules/news/article.php?storyid=2926

Wkl. Ketua KPK : “Masyarakat Harus Berani Melawan Korupsi”

Selama puluhan tahun, masyarakat Indonesia tidak berdaya melawan korupsi yang dilakukan oleh aparat negara dalam pelayanan publik. Hal ini membuat indeks persepsi korupsi Indonesia tidak terlalu membaik meskipun banyak pejabat yang korup sudah ditangkap dan dihukum.

Demikian disampaikan Wakil Ketua KPK Haryono Umar dalam diskusi yang diselenggarakan Dewan Integritas Bangsa di Jakarta, Senin (22/9).

“Kehidupan para penyelenggara negara, baik pegawai negeri sipil maupun pegawai badan usaha milik negara, sangat dekat dengan gratifikasi atau pemberian dari pihak lain dalam bentuk apa pun. Namun, sangat sedikit gratifikasi yang mereka terima dilaporkan ke KPK,” katanya.

Pemberian gratifikasi memang tidak selalu identik dengan korupsi. Setiap pemberian kepada penyelenggara negara harus dilaporkan secara transparan ke KPK. Selanjutnya, KPK yang menilai apakah gratifikasi itu terkait hal-hal koruptif atau tidak.

Indeks persepsi korupsi (IPK) sangat terkait dengan persepsi masyarakat terhadap pelayanan publik yang diberikan oleh penyelenggara negara. Karena itu, meskipun banyak pejabat penyelenggara negara yang ditangkap KPK, IPK Indonesia tidak membaik dan tetap berada di lapisan bawah negara-negara di dunia

Untuk itu, lanjut Haryono, KPK tidak mungkin berjalan sendiri memberantas korupsi. KPK butuh peran masyarakat untuk berani melawan dan mengatakan tidak pada korupsi. Masyarakat harus secara konsisten untuk tidak korup dan berani melaporkan koruptor.

Tokoh Nahdlatul Ulama Salahuddin Wahid juga mengatakan, masyarakat tidak boleh putus asa untuk terus melaporkan adanya korupsi dan kolusi pada lembaga-lembaga negara.
Sumber : Kompas, 23 September 2008


0 Responses to “Wkl. Ketua KPK : “Masyarakat Harus Berani Melawan Korupsi””



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Kalender Tulisan

September 2008
S S R K J S M
    Okt »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Administratur

Photobucket

Kontibutor :

Darwis, Aswin, Fachruddin, Fandi Photobucket darwis pos metro

Banner Anti Korupsi

Photobucket banner bahaya laten korupsi

Link Berita :

Photobucket

Komunitas Blogger Sumut

Yang Mampir:

  • 267,057 pengunjung
Locations of visitors to this page [URL=http://flagcounter.com/more/Bqu][IMG]http://flagcounter.com/count/Bqu/bg=FFFFFF/txt=000000/border=CCCCCC/columns=2/maxflags=12/viewers=0/labels=0/[/IMG][/URL]

%d blogger menyukai ini: