15
Okt
08

Melakukan Pungli Terhadap Pasien Miskin, Dilaporkan ke Polisi

Tanjung Pura, BERSAMA
Dugaan pungutan liar (Pungli) terhadap pasien miskin di RSU. Tanjung Pura, Rabu (4/4) kemarin diadukan ke Polres Langkat oleh M. Sahril (33), warga Dusun VI, Desa Suka Maju, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat. Pengaduan tersebut diterima Ka. SPK “B” Ipda Feby Harianto dengan mengeluarkan surat tanda penerimaan laporan No.Pol. : STPL/130/IV/2007/LKT.

Kepada wartawan seusai memberikan keterangan kepada penyidik Polres Langkat, M. Sahril menyatakan bahwa pada pada hari Jum’at tanggal 1 Pebruari 2007 lalu, sekira pukul 15.00 WIB, istrinya bernama Salbiah (25) akan melahirkan bayinya. Bidan Desa bernama Wenta Br. Ginting yang bertugas di desa tersebut ketika dihubungi M.Sahril mengatakan babwa Salbiah harus menjalani operasi untuk melahirkan. Akhirnya, ditemani oleh bidan desa tersebut bersama seorang tetangga bernama Siti Rohani (27) Salbiah dibawa ke RSU. Tanjung Pura dan diterima oleh Petugas Medis RS bernama Painem yang diduga bertugas sebagai kepala ruangan. Kepada Painem, Bidan Desa Wenta Br. Ginting menjelaskan bahwa pasien yang dibawanya adalah pasien miskin. Wenta juga berjanji bahwa surat keterangan miskin dan surat rujukan pasien dari Puskesmas Pantai Cermin Tanjung Pura esok harinya tanggal 2 Pebruari 2007 akan diserahkan kepada pihak RSU. Tanjung Pura.

Ditambahkan oleh M. Sahril, bahwa Sekira pukul 16.30 WIB, kepada dirinya, Siti Rohani dan Wenta Br. Ginting, Painem mengatakan bahwa bahwa dokter yang akan melakukan operasi adalah Dr. Natigor, SP.OG yang bertempat tinggal di Medan. Untuk memanggil dokter tersebut maka keluarga pasien harus membayar sebesar Rp. 1,5 juta dan harus sudah diserahkan sebelum waktu Magrib atau sebelum operasi dilaksanakan. Saat itu Painem juga mengatakan bahwa yang harus menyerahkan uang tersebut adalah Wenta Br. Ginting.
Merasa tidak punya pilihan walau tidak memiliki uang, M. Sahril memohon kepada Siti Raohani agar meminjamkan uang Rp.1,5 kepada dirinya untuk diserahkan kepada Painem. Sekira pukul 17.00 WIB, uang Rp.1,5 juta tersebut diserahkan Siti kepada Wenta dan kemudian Wenta Br. Ginting menyerahkannya kepada Painem. Setelah uang diserahkan, Painem menyodorkan blanko surat pernyataan ijin operasi dan pernyataan untuk ditandatangani M. Sahril yang intinya adalah apabila paling lama 2 hari tidak dapat menyerahkan surat keterangan miskin kepada pihak RSU Tanjung Pura, maka status pasien tersebut menjadi pasien umum yang seluruh biaya operasi dan perawatan serta tindakan medik lainnya ditanggung oleh pribadi bukan tanggungan PT. ASKES. Esok harinya surat keterangan miskin dan rujukan dari Puskesmas sebanyak rangkap 10 diserahkan Wenta kepada Painem.

Syahrial, SH selaku penasehat hukum M.Sahril juga mengatakan, bahwa tanggal 20 Maret 2007 lalu pihaknya telah menyampaikan somasi kepada Painem agar mengembalikan uang tersebut namun tidak diindahkan dan terpaksa kliennya menempuh jalur hukum. Syahrial, SH juga menerangkan bahwa kasus pungli terhadap pasien miskin di RSU. Tanjung Pura ini awal tahun 2006 lalu pernah mendapat perhatian khusus dari Presiden RI setelah menerima laporan dari Kelompok Studi dan Edukasi Masyarakat Marginal (K-SEMAR) Sumut.


0 Responses to “Melakukan Pungli Terhadap Pasien Miskin, Dilaporkan ke Polisi”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Kalender Tulisan

Oktober 2008
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Administratur

Photobucket

Kontibutor :

Darwis, Aswin, Fachruddin, Fandi Photobucket darwis pos metro

Banner Anti Korupsi

Photobucket banner bahaya laten korupsi

Link Berita :

Photobucket

Komunitas Blogger Sumut

Yang Mampir:

  • 267,159 pengunjung
Locations of visitors to this page [URL=http://flagcounter.com/more/Bqu][IMG]http://flagcounter.com/count/Bqu/bg=FFFFFF/txt=000000/border=CCCCCC/columns=2/maxflags=12/viewers=0/labels=0/[/IMG][/URL]

%d blogger menyukai ini: