05
Nov
08

Ada Apa Dibalik Vonis Bebas Sun Lung

Laporan : Aswin, Binjai

Vonis bebas Sun Lung als Alung, tersangka pencuri Handphone pada Toko Digi Seluler, Jalan Jend.Sudirman No.214 Kelurahan Pekan Binjai Kota, Kota Binjai, seakan menuai tanya, ” Ada apa di balik bebasnya sang pencuri “, dari jeratan hukum (23/10) lalu. Tjitra wardi als Acoi pemilik toko sekaligus sebagai korban dalam kasus ini saat ditemui POSMETRO MEDAN di rumahnya, Selasa (4/11) mengatakan ” Saya sangat kecewa dengan putusan Majelis Hakim ” katanya, bagaimana tidak kecewa, kata Acoi, saya sudah jelas dirugikan, tapi tersangka seakan tak tersentuh hukum.

” Proses hukum terhadap maling ayam saja, dapat ganjaran kurungan “, eh ini malah mencuri divonis bebas, jadi bagaimana sebenarnya Hukum kita sekarang ketus Acoi geram, pada BAP dakawaan jaksa disitu jelas Alung mengakui perbuatannya, dimana pada dakwaan itu, pada hari Jumat (30/5) sekitar pukul 20.00 Wib, Alung mengaku, mengambil barang berupa 53 unit Hp merk Nokia dan Sony Ericsson, 7 buah cincin, gelang, dan kalung emas putih, masing-masing sebanyak 1 buah, serta uang sebesar Rp 2.000.000,- didepan penyidik kepolisian.

Kira-kira seminggu setelah kejadian itu, terkuaklah nama tersangka, saya pun di panggil pihak Kepolisian untuk dimintai keterangan, terkait pencurian yang terjadi di toko saya, kata Acoi kepada POSMETRO MEDAN, dari pukul 11.00 Wib sampai dengan pukul 05.00 pagi saya di periksa bersama Alung, saya tidak ada melihat dia dipaksa oleh Polisi, dipukuli, dalam melakukan pemeriksaan, seperti yang diakuinya dipersidangan, ” karena saya dipaksa ngaku “, kan itu kebohongan namanya.Tapi ya begitulah Hukum di Negara kita ini, bisa dibeli, kata Acoi kecewa.

Sementara itu Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rosinta, SH, saat ditemui POSMETRO MEDAN dirunag kerjanya, Senin (3/11) terkait vonis bebas Alung, enggan berkomentar, dan menyuruh wartawan agar ” konfermasi dengan Kajari saja “, katanya. Atas anjuran JPU itu, wartawan koran ini lalu menuju piket Kejaksaan, sesudah mengisi buku tamu yang disodorkan salah seorang pegawai Kejaksaan, tak lama kemudian staf Kajari, menganjurkan agar wartawan menjumpai JPU, merasa dibola-bolakan, akhirnya POSMETRO MEDAN, kembali menemui Rosinta, SH di ruangannya.

” Saya sudah bilang, saya sebagai Jaksa telah menuntut terdakwa 2 tahun 6 bulan, tapi keputusan hakim, menyatakan vonis bebas.., namun kata JPU itu, saya akan mengajukan Kasasi ke Mahkamah Agung, dan sekarang sedang dalam proses, karena dari vonis bebas tersebut, memerlukan waktu, bilang Rosinta dengan nada sedikit tinggi.

Kepala Pengadilan Negeri Binjai Susmanto, SH, melalui Humasnya Rosihan J Rangkuti, SH menjelaskan, di persidangan Alung (terdakwa), kepada Majelis Hakim, mengaku bahwa dirinya pada saat diperiksa Polisi mengalami ” tekanan dan dipaksa ” saat dimintai keterangan sebagai saksi, ” sampai tertidur diatas meja, saat diambil keterangannya “, kata Ibu Humas PN Binjai itu, sambil memperagakan gaya Alung, saat didepan persidangan lalu.

Rosihan juga menyampaikan, pengakuan Alung dipersidangan ” Bahwa di tidak diperiksa oleh Juper Polisi, emang yang nanyai dia Polisi, tapi ada dari tim, semacam tim executor gitulah kata Humas PN itu, sehingga dia katanya saat itu tertekan. Pada saat dipersidangan Alung mengatakan ada unsur pemaksaan, kan logika kan masa orang dimintai keterangan sampai tertidur..? kata Rosihan menjelaskan. Lalu pada keterangan kata Humas PN ini, tentang tukang becak, di persidangan Alung menyatakan dirinya tidak berambut gondrong, seperti yang dikatakan, dan yang lebih tidak masuk diakal, 150 handphone dimasukkan dalam dua goni berat 30 kg, berisi Hp lengkap dengan kotaknya, dari keyakinan ini lah Hakim menyimpulkan satu keterangan dengan keterangan yang lain, alat bukti kan tidak satu, antara keterangan yang satu dengan keterangan yang alain itu adalah petunjuk, apakah sinkron dengan keterangan si Acoi dengan keterangan si tukang becak.

Jadi kita menilai, apakah mungkin, itukan type Hp mahal, lagi pula berkotak, apakah mungkin dimasukkan dalam dua buah goni, apakah mungkin..? kan 150 unit Hp ada juga cincin, gelang, uang. Pada saat wartawan mempertanyakan, tentang barang-barang yang dicurinya, dititipkan kepada Tendun Sembiring, Rosihan mengatakan ” Itu di Polisi, di persidangan dia tidak ada mengakui itu, semua dakwaan dibantahnya “, Ia (Alung-red) membantah seluruh tuduhan Polisi, karena di mengakui itu dibawah tekanan, kata Rosihan. Sementara dalam pengakuan Alung di BAP itu dititipkan kepada Tendun Sembiring warga Aceh. Dari keterangan ini Majelis Hakim menyimpulkan tidak ada keterlibatan terdakawa dalam kasus ini, makanya divonis bebas, kata Humas Pengadilan Negeri Binjai kepada POSMETRO MEDAN, Selasa (4/11).

Kapolresta Binjai AKBP. Roberts K, SIK melalui Kasat Reskrim AKP M. Taufik, ketika dikonfermasi melalui telepon selullar, menyatakan bahwa Polresta Binjai, sejak berdiri, tidak pernah melakukan, pemaksaan, apalagi intimidasi terhadap kasus apapun, mengenai vonis bebas dari terdakwa Alung, beberapa waktu lalu, masalah tersebut kita serahkan kepada Hakim yang menangani kasus itu, beber M. Taufik tegas, kepada POSMETRO MEDAN.(Aswin)


0 Responses to “Ada Apa Dibalik Vonis Bebas Sun Lung”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Kalender Tulisan

November 2008
S S R K J S M
« Okt   Des »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Administratur

Photobucket

Kontibutor :

Darwis, Aswin, Fachruddin, Fandi Photobucket darwis pos metro

Banner Anti Korupsi

Photobucket banner bahaya laten korupsi

Link Berita :

Photobucket

Komunitas Blogger Sumut

Yang Mampir:

  • 267,159 pengunjung
Locations of visitors to this page [URL=http://flagcounter.com/more/Bqu][IMG]http://flagcounter.com/count/Bqu/bg=FFFFFF/txt=000000/border=CCCCCC/columns=2/maxflags=12/viewers=0/labels=0/[/IMG][/URL]

%d blogger menyukai ini: