29
Nov
08

Keluarga Umri terseret Kasus Korupsi Distan Binjai

BINJAI
Sidang lanjutan perkara korupsi dengan terdakwa Mantan Kepala Dinas Pertanian Kota Binjai, Ngasiken Pinem dan Bendaharanya, Arifin Nasution semakin hangat. Dalam persidangan terungkap bahwa Keluarga Walikota Binjai HM.Ali Umri, SH, M.Kn terlibat.

Berdasarkan pantauan SPK, dalam kesaksian tiga orang saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum kemarin terungkap, bahwa pelaksanaan tender CV.Seribu Jaya dalam pengadaan alat pertanian di Dinas Pertanian Kota Binjai tahun 2006-2007 ternyata didalangi oleh pihak ketiga.

Wakil Direktur CV.Seribu Jaya, Yudha Permana mengaku, ternyata pada saat pelaksanaan tender pengadaan alat pertanian Dinas Pertanian Kota Binjai, CV.Seribu Jaya di pinjam pakai oleh pihak ketiga yakni seorang pengusaha ternama di Binjai berinisial Zef. Zef yang dimaksud juga diduga merupakan saudara ipar Wali Kota Binjai, Ali Umri.

“Pada dasarnya, Zef yang ingin ikut lelang, bukan CV.Seribu Jaya. Setelah berada ditangan Zef, selanjutnya Zef meminta segala sesuatunya berhubungan dengan Afriedowan (Edo). Itu makanya saya bawa Edo kepada Direktur CV.Seribu Jaya, Ahmad Saimin,” beber Yudha.
Hal yang sama dibeberkan saksi Zulkarnain selaku PPK (Penjabat Pembuat Komitmen). Dia mengaku, selama proses tender pengadaan alat pertanian pihaknya tidak pernah bertemu langsung dengan Direktur CV.Seribu Jaya, Ahmad Saimin. Bahkan, pada saat penandatanganan berita acara, dirinya juga tidak bertemu Ahmad Saimin.

“Waktu saya tanda tangani berita acara itu, tanda tangan Ahmad Saimin sudah ada, tapi saya belum pernah bertemu langsung dengannya. Setelah Ahmad Saimin menandatangani kontrak itu, Edo lah yang mengantarkan kepada saya,” bebernya.

Dia juga mengaku, dirinya merasa tertekan dan dipaksa melakukan pembayaran pengadaan alat pertanian oleh Afriedowan (Edo). Padahal, saat itu barang yang dipesan belum masuk ke Dinas Pertanian. “Saya pernah dipaksa Edo melakukan pembayaran. Padahal saat itu barang belum masuk. Waktu itu saya juga sempat berusaha lari, tapi saya terus dipaksa agar segera mencairkan pembayaran, bahkan sempat dimakinya. Jelas saya merasa tertekan,” bebernya.
Saat ditanya oleh Majelis Hakim atas dasar apa dirinya merasa ditekan, Zulkarnain dengan terbata mengaku, karena Edo merupakan suruhan Zef.

Sementara, Afriedowan (Edo) sendiri tetap bertahan pada pengakuannya sejak awal menjadi saksi dalam persidangan perkara korupsi di Dinas Pertanian. Dia mengaku, dalam pelaksanaan pengadaan alat pertanian dirinya merupakan orang suruhan Direktur CV.Seribu Jaya, Ahmad Saimin.

Dari semua kesaksian para saksi, terdakwa Ngasiken Pinem hanya membantah bahwa dirinya pernah mengarahkan PPK, Zulkarnain agar menemui Edo. Sedangkan kesaksian lainnya dibenarkan terdakwa. “Kalau soal pembayaran ada tekanan itu saya tahu, karena itu dilaporkannya kepada saya. Tapi saya suruh bersabar saja,” ujarnya.
Pada sisi lain, tiga orang saksi panitia penerima barang juga dihadirkan dalam perdidangan itu. Diantaranya, Ketua panitia penerima barang, Halimah, Sekretaris penerima barang Ita Susilawati dan anggotanya, Abdul Salim. Ketiganya mengaku, tidak pernah menerima SK panitia penerima barang dari Kepala Dinas (terdakwa) sejak diangkatnya mereka sebagai panitia penerima barang.

Ketua Majelis Hakim, Susmanto menunda sidang perkara korupsi di Dinas Pertanian Kota Binjai pada Selasa (2/12) mendatang dengan menghadirkan saksi lainnya. JPU, Reinaldi Umar menyebutkan, saksi yang akan dihadirkan nanti yakni, pemilik toko Hariono, ahli bangunan Warnita Evarosa dan Budi Indra.(ksemar)


1 Response to “Keluarga Umri terseret Kasus Korupsi Distan Binjai”


  1. 1 ferdy yupa
    Juli 27, 2009 pukul 3:11 am

    berantas semua korupsi jangan pandang bulu…. walaupun keluarga walikota…kalau walikota terlibat pecat!!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Kalender Tulisan

November 2008
S S R K J S M
« Okt   Des »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Administratur

Photobucket

Kontibutor :

Darwis, Aswin, Fachruddin, Fandi Photobucket darwis pos metro

Banner Anti Korupsi

Photobucket banner bahaya laten korupsi

Link Berita :

Photobucket

Komunitas Blogger Sumut

Yang Mampir:

  • 267,159 pengunjung
Locations of visitors to this page [URL=http://flagcounter.com/more/Bqu][IMG]http://flagcounter.com/count/Bqu/bg=FFFFFF/txt=000000/border=CCCCCC/columns=2/maxflags=12/viewers=0/labels=0/[/IMG][/URL]

%d blogger menyukai ini: